EKAD “Pelan yang memberikan kepastian”





Sebagai Orang yang memiliki hoby olahraga lari, saya lebih menekankan target saya kepada Jarak, bukan kecepatan, karena saya lebih mengasah ketahanan nafas saya, oleh karena itu dalam berlari, mengatur kecepatan sangatlah penting dalam mejaga ketahanan stamina dan tenaga kita dalam mencapai tujuan jarak tersebut, berbeda dengan orang yang berlari mengandalkan kecepatan, tentu dia memiliki tujuan untuk berlati secepat mungkin, tetapi tentu mengorbankan stamina yang akan cepat terkuras dan habis. Orang yang mengejar kecepatan dalam berlari sudah pasti memiliki tujuan jarak yang tidak terlalu jauh.

Kalo kita perumpamakan dengan Emiten, Pelari pertama merupakan emiten yang mengedepankan kesehatan keuangan tetapi  tetap menjaga pertumbuhan dalam batas kewajaran, dan pelari ke 2 merupakan Emiten yang gencar ber Ekspansi dan meningkatkan pertumbuhan, baik omset maupun Laba tanpa peduli dengan kesehatan Keuangannya,  Nah, disinilah Saya tertarik dengan EKAD.



Sudah banyak yang kenal dengan yang namanya EKAD, penghuni bursa sejak tahun 90, sudah pasti bosan mengecap asam garam Bursa Efek Indonesia, tetapi perusahaan ini masih terus eksis hingga saat ini.
EKAD merupakan Emiten dengan produk utamanya Plester atau Lakban yang mulai diversivikasi di bisnis isi ulang printer, sambil sambilan saja sih kayaknya,tapi  yok mari kita kupas posisi keuangannya,




Karena Penulis hanya memiliki data historisnya 4 tahun ke belakang, kinerja yang tercermin dari data tersebut membuktikan bahwa kekuatannya sangat kuat, terbukti dengan Ekuitas yang konsisten tumbuh dan Hutang yang terus ditekan, jadi menurut saya sih ROE EKAD cenderung menurun karena EKAD memfokuskan tenaga untuk memperkecil posisi Hutang, yang tentu memperkecil resiko keuangan, tapi akibatnya EKAD menjadi semakin sehat.

Sedikit berbicara manajemennya sih, sepertinya manajemennya terlalu bermain aman, karena kemaren saya baca di Laporan Tahunannya tahun 2013, kenaikan gaji dewan direksi sesuai dengan pencapaian kenaikan omset dan laba bersih, karena omsetnya terus naik, maka gaji manajemenya juga terus naik, sepertinya manajemennya belum mikir untuk Efisiensi, tetapi mikirnya terus menyehatkan perusahaan, tetapi kesehatan mereka juga tidak kalah penting, Haha. . . tetapi NPM nya terus dijaga di level 9%,(walau tahun 2011 kecolongan), dan itu membuktikan Manajemennya masih peduli dengan kepentingan pemegang saham.
Berbicara pertumbuhan, mari kita kupas EPS nya dalam Pertumbuhan kuartalan ,



Pertumbuhan stabil pelan tapi pasti, dengan kesehatan perusahaan yang semakin baik, tentu menjadi bukti, EKAD terus bertumbuh, dan bertumbuh, tetapi sedikit aneh sih, kuartal ke 4 nya merupakan siklus EPS terendah diantara kuartal yang lainnya, penulis bukan orang yang hobi nelpon sekretaris perusahaan sih buat nanyain masalah perusahaan, tapi tetap EPS kuartal ke 4 nya terus bertumbuh kok, dari EPS 5 tahun 2011 ke EPS 9 di tahun 2013, dan semoga 2014 kuartal ke 4 EPS nya lebih baik,


Satu penghalang penulis membuka rekening  tabungan di EKAD, yaitu permasalahan harganya, dengan EPS 56, harga ekad sekarang berada di kisaran 500an, sudah melebihi 8, padahal prospek pertumbuhannya tidak terlalu tinggi, coba aja jatuh lagi di kisaran 440 – 460 an,, penulis ga punya alasan lagi buat nahan amunisi Hehe. . .


Tabung di Saham, 
"untuk masa depan yang lebih baik"

*Analisis Pribadi penulis, 
*Data dan Gambar www.idx.co.id

1 Comments

  1. Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? kami juga menyediakan pinjaman akhir tahun, kredit untuk merencanakan untuk tahun baru mendatang, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun yang akan datang ini dan juga untuk renovasi rumah Anda di tahun baru. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus